Rabu, 12 Mei 2010

Air Putih Dapat Menyebabkan Kematian


Kalau selama ini air putih adalah hal yang selalu disarankan untuk dikonsumsi demi menjaga kesehatan. Ternyata ada sisi lain dari air putih yang dapat membahayakan bagi kesehatan, bahkan mengakibatkan kematian. Kematian yang disebabkan air putih ini disebut juga dengan keracunan air atau water intoxication.

Keracunan air dapat terjadi jika seseorang minum air putih dengan cara yang salah, yaitu jika minum air dalam jumlah banyak secara cepat. Air yang terlalu banyak dikonsumsi secara tiba-tiba akan melarutkan nutrisi dalam tubuh serta mengakibatkan ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh. Padahal elektrolit dalam tubuh berfungsi sebagai penghantar cairan dan pesan saraf antar sel. Dengan demikian jika jumlah elektrolit tidak seimbang maka fungsi ini terhambat dan tubuhpun kehilangan fungsinya.

Seseorang yang terkena water intoxication mempunyai gejala yang mirip dengan orang yang keracunan alcohol, seperti mual,muntah, sakit kepala, otot melemah, kejang-kejang dan perubahan mental. Jika penderita tidak segera ditolong, maka penderita akan mengalami koma dan meninggal akibat pembengkakan otak.

Pertolongan pertama yang dapat dilakukan terhadap orang yang mengalami keracunan air adalah upaya untuk menyeimbangkan kandungan elektrolit dalam tubuh, yaitu dengan memberikan cairan yang mengandung elektrolit IV.

Sebagai panduan bagi kita, yang berbahaya adalah minum air putih dalam jumlah banyak secara mendadak. Oleh karena itu berusahalah untuk minum air putih dengan perlahan namun sering, saran yang sudah dikenal 6-8 gelas air putih dalam sehari tetap dapat dipergunakan, hanya minumlah secara perlahan dan sering.

Disadur dari health.detik.com (Mati Karena Kebanyakan Minum Air Putih oleh Vera F.Bararah)

0 komentar:

Posting Komentar